RIBUAN SISWA MAN 1 GRESIK ZIARAH KE MAQBAROH MUASIS PONDOK PESANTREN QOMARUDDIN JELANG PERINGATAN PUNCAK HAUL K.H. SOLEH TSANI KE-125

Jelang peringatan puncak Haul K.H. Soleh Tsani ke ke-125 Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah, ribuan siswa MAN 1 Gresik dengan didampingi guru dan pegawai ziarah ke maqbaroh Al Maghfurlah K.H. Soleh Tsani dan muasis Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah. Ziarah dilaksanakan pada hari Selasa, 5 Desember 2023. Karena pada hari itu masih berlangsung kegiatan Asesmen Sumatif Semester Ganjil, maka ziarah dilaksanakan hingga tiga gelombang.

Gelombang pertama diikuti oleh siswa kelas XII dan kelas XI yang telah selesai mengikuti SAS gelombang pertama. Para siswa berkumpul di halaman MAN 1 Gresik pukul 10.00 WIB dan berjalan beriringan menuju makam K.H. Soleh Tsani. Gelombang kedua diikuti oleh siswa kelas X dan kelas XI yang menyelesaikan asesmesn sumatif di sesi kedua atau tepatnya setelah ditunaikannya salat dluhur berjamaah. Sedangkan sesi ketiga diikuti seluruh siswa MAN 1 Gresik yang mengikuti asesmen sumatif di sesi terakhir.

Dalam kesempatan tersebut kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyempatkan untuk memberikan sambutan kepada seluruh guru, pegawai, dan siswa yang mengikuti kegiatan doa bersama. Beliau menuturkan bahwa kegiatan siang hari ini merupakan bentuk kirim doa dan tabarukan atas salah satu tokoh yang pernah berjasa dalam penyebaran agama Islam di wilayah Bungah dan sekitarnya. Di tempat ini dulu merupakan hutan belantara, belum banyak penduduk, dan mayoritas masyarakat masih menganut kepercayaan leluhur seperti animisme dan dinamisme. Kehadiran Mbah K.H. Qomaruddin beserta dzuriyahnya menjadikan kawasan Bungah yang mulanya menjadi kawasan yang belum terlalu mengenal Allah hingga menjadi kawasan yang Islami seperti saat ini.

Maka sebagai seorang yang sedang menempuh ilmu di Bungah, sebagai penghormatan pada beliau, maka sudah sepatutnya kita memberikan penghormatan dengan mengirim doa kepada beliau atas segala jasanya bagi Bungah dan sekitarnya. Selain itu kita juga mengambil nilai pendidikan dan perjuangan atas pendahulu-pendahulu kita semua.

Untuk ziarah sesi satu hingga sesi terakhir dipimpins ecara bergantian oleh Drs. H. Muhari, M.Pd.I dan Ustaz Solih, M.Ag. Kemudian untuk doa dipimpin oleh Ustaz As’ad, M.Pd. Selain kegiatan doa bersama di maqbaroh Muasis Pondok Pesantren Qomaruddin, keluarga besar MAN 1 Gresik juga bersilaturrahim dengan beberapa pengasuh pesantren di Bungah.

Haul K.H. Soleh Tsani ke 126 atau juga sering disebut sebagai Haul Bungah merupakan sebuah perayaan tahunan yang bukan hanya ‘hajatan’ bagi santri Pesantren Qomaruddin saja. Kegiatan yang rutin diselenggarakan pada bulan Jumadil Awwal kalender Hijriyah ini menjadi magnet bagi masyarakat Gresik. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang berdatangan dari berbagai daerah di Nusantara. Para pedagang pun berbondong-bondong mengais rezeki di sepanjang jalan Bungah. bahkan banyak rumah warga yang disewakan untuk lapak para penjual.

Sebagai madrasah yang berada di wilayah Bungah, MAN 1 Gresik juga turut berpartisipasi guna mensukseskan kegiatan tersebut. Selama puncak peringatan haul, gerbang MAN 1 Gresik akan dibuka untuk umum sebagai tempat mobilisasi kendaraan peserta haul. Sehingga dapat mengurangi dan mengurai kepadatan kendaraan di titik utama digelarnya haul K.H. Soleh Tsani ke-125.

Leave a Comment